Peluang Emas Usaha Jual Frozen Food Di Pedurungan Hub 0822.1385.7334

Teman laut Bakso Ikan-min

Peluang Emas Usaha Jual Frozen Food Di Pedurungan

            Benarkah usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334 berpeluang besar mendatangkan keuntungan? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

            Pedurungan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Terbagi atas 12 kelurahan dengan total penduduk sebanyak 191.941 orang. Sebagian besar merupakan berlatar belakang suku Jawa setempat, sedangkan selebihnya adalah perantau. Pendurungan termasuk kecamatan yang cukup menonjol di antara kecamatan-kecamatan lain di Jawa Tengah. Dulu, sebagian besar penduduk di Pedurungan bermata pencarian sebagai petani. Lahan-lahan terbuka mereka manfaatkan untuk kegiatan bercocok tanam. Namun, seiring berjalan waktu ketersediaan lahan semakin menipis. Sehingga, banyak penduduk yang mulai beralih ke sektor lain seperti menggeluti bisnis  kecil-menengah.

            Keinginan untuk membangun kesejahteraan hidup yang lebih baik membuat penduduk di sana semakin giat mencari peluang usaha. Terlebih, di era modern seperti sekarang ini, bisnis jual-beli terasa semakin praktis untuk dijalankan. Salah satu peluang emas yang boleh dicoba adalah usaha jual frozen food. Usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334.

            Pelaku usaha frozen food di Pedurungan memang belum sebanyak di Jakarta jumlahnya. Namun, justru itulah kesempatan yang perlu ditangkap secepatnya. Saat belum banyak orang yang menyadari bisnis ini dapat mendatangkan banyak keuntungan, kita malah sudah memulainya duluan dan mendulang keuntungan besar. Sebab, sudah hukum alam bahwa semakin sedikit pelaku usaha dalam bidang yang sama, semakin longgar persaingan. Semakin longgar persaingan, semakin memungkinkan untuk mendapatkan profit bombastis.  

            Alasan Memilih Bisnis Frozen Food

            Bisnis produk makanan termasuk bisnis yang tidak pernah ada matinya. Pasalnya, semua orang pasti membutuhkan makanan. Penurunan angka penjualan bisa saja terjadi, namun itu bukan dikarenakan manusia tidak membutuhkan makanan lagi. Melainkan, karena adanya pergeseran selera. Ini hal yang lumrah. Namun, di sinilah kreativitas seorang pebisnis kuliner diuji. Bagaimana caranya ia dapat berinovasi guna merebut perhatian pelanggan kembali.

  1. Dari sekian banyak jenis usaha kuliner, usaha jual frozen food semakin ramai peminatnya. Tentu saja ada beberapa alasan yang melatar belakangi pelaku usaha memilih frozen food sebagai produk dagangan mereka. Alasan-alasan tersebutlah yang secara tidak langsung menjadi kelebihan dari frozen itu sendiri. Beberapa alasan yang dimaksud, antara lain frozen food tahan lama. Hal utama yang kerapkali jadi bahan pertimbangan pelaku usaha sebelum memulai binis kuliner adalah seberapa lama ketahanan produk makanan tersebut.

Sebagian besar makanan basah masa layak konsumsinya singkat alias tidak dapat bertahan lama. Ini mesti diperhitungkan sejak awal. Seberapa banyak kuantitas yang perlu dipersiapkan dengan prediksi rata-rata jumlah pembeli setiap hari. Dengan demikian risiko kerugian tidak terlalu besar apabila produk tidak habis terjual. Berbeda dengan produk frozen food. Frozen food merupakan produk olahan basah yang dibekukan.

Dalam kondisi beku, ketahanannya jadi jauh lebih lama ketimbang produk basah yang dibiarkan pada suhu ruang. Karena ketahanannya tersebut, pelaku usaha tidak perlu khawatir produknya rusak atau basi dalam waktu singkat. Sehingga kesempatan untuk memasarkannya otomatis jadi lebih panjang. Atas alasan itu pulalah banyak orang yang kemudian beralih ke usaha frozen food. Khusus usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334.

 

  1. Banyak pilihan. Sama halnya dengan produk kuliner pada umumnya, frozen food pun tersedia dalam banyak variasi menu. Jika dulu produk frozen lebih banyak menjurus ke daging, kini pilihannya sudah makin beragam. Bahkan, kue donat saja pun kini tersedia dalam versi frozen. Sungguh sebuah inovasi yang luar biasa, bukan?

 

  1. Disukai dan dibutuhkan oleh banyak konsumen. Ini rahasia yang harus diketahui oleh para starter di dalam bisnis produk kuliner. Pilihlah produk yang bukan hanya disukai konsumen, tapi juga dibutuhkan. Rasa suka bisa berakhir begitu saja selepas seleranya terpuaskan. Namun bila konsumen membutuhkannya, suka atau tidak mereka akan tetap akan membeli. Begitulah yang terjadi pada produk-produk frozen food.

Mengapa usaha jual frozen food dikatakan akan sangat menguntungkan? Jawabannya, karena banyak konsumen yang membutuhkan produk-produk makanan beku. Ingat, bagi yang ingin menekuni usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334.

 

  1. Tingkat kesibukan manusia yang kian hari semakin tinggi menyebabkan banyak orang kehilangan kesempatan untuk menyiapkan hidangan di rumah. Sehingga mereka memilih jalan keluar dengan membeli makanan ready to eat atau tinggal makan. Namun bukan berarti cara ini bebas kendala. Saat lapar mendera tengah malam, sementara kafe, restoran, atau rumah makan sudah pada tutup, maka dengan terpaksa rasa lapar itu harus ditahan sampai pagi. Lain cerita bila kita menyetok produk frozen food di rumah. Seketika dibutuhkan, produk ini tinggal dikeluarkan dari kulkas, diamkan sejenak di suhu ruang, baru kemudian tinggal goreng. Beres. Selain itu, frozen food juga sangat membantu bagi mereka yang tidak pandai memasak.

Itulah mengapa produk frozen food menjadi bagian kebutuhan sebagian besar manusia di era modern seperti sekarang ini.

 

  1. Bisnis yang mudah dijalankan. Usaha jual frozen food di Pedurungan hub 1385.7334. Frozen food atau makanan beku ini terbuka untuk semua kalangan yang ingin punya usaha, tanpa memandang latar belakang pendidikan, usia dan lain-lain. Selama ada kemauan dan semangat untuk menjalankannya semua orang bisa melakukannya.

Di samping itu dalam pelaksanaannya, usaha jual frozen food di cenderung fleksibel atau tidak terikat waktu. Artinya kita dapat menjualnya kapan saja, baik siang atau malam, termasuk di segala musim. Karena itu pula, bisnis ini dapat dijadikan usaha sampingan maupun usaha utama dalam menggerakkan ekonomi rumah tangga. Namun tentu saja semakin diseriusi, hasilnya semakin mantap. Usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334.

            Jenis-Jenis Frozen Food Yang Disukai Konsumen

            Usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334. Bisnis di bidang makanan beku ini banyak sekali macamnya, sehingga pelaku usaha nantinya leluasa memilih jenis makanan beku seperti apa yang dikehendaki. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis frozen food yang paling laris, berikut beberapa contohnya.

            Sosis

            Sosis merupakan produk olahan yang terbuat dari daging cincang, lalu diproses sedemikian rupa hingga menjadikannya tahan lama. Daging yang digunakan beragam. Biasanya berupa daging sapi, ayam dan babi. Karena di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam, sosis babi bukan produk yang terlalu  dibutuhkan di sini.

            Dalam proses pembuatannya, daging cincang diramu bersama bumbu-bumbu dan sedikit tepung agar bisa dibentuk. Baru kemudian dibungkus secara tradisional menggunakan usus hewan. Namun kini orang mulai beralih menggunakan pembungkus yang terbuat dari bahan sintetis yang aman dikonsumsi. Supaya awet, daging yang sudah dibungkus tersebut kemudian diasapkan atau direbus. Setelah itu dibekukan. Sewaktu-waktu hendak digunakan, sosis tinggal dikeluarkan dari freezer dan dihangatkan.

            Proses pengawetan daging dengan cara dibuat sosis seperti ini telah berlaku sejak lama di banyak negara. Masyarakat Indonesia sendiri mengenal sosis karena adanya pengaruh western yang masuk ke Indonesia. Karena punya nilai praktis dan lezat, frozen food yang satu ini dapat diterima oleh sebagian besar lidah orang Indonesia.

            Sosis bisa dikonsumsi begitu saja. Bisa pula dijadikan pelengkap dalam sup, barbeque, isian roti, topping pizza, dan berbagai bentuk sajian lainnya.  Asyiknya lagi, kini sosis hadir dalam berbagai pilihan rasa, seperti sosis ayam/sapi isi keju, sosis ayam/sapi lada hitam, dan sebagainya.

            Bakso

            Siapa sih yang tidak tau dengan bakso. Di Indonesia bakso termasuk makanan legendaris yang masih digemari hingga sekarang. Di semua kota, bahkan hingga ke pelosok desa pun, pasti kita bisa dengan mudah menemukan pedagang bakso.

            Sama seperti sosis, bakso juga produk olahan yang terbuat dari daging cincang. Bisa berupa daging ayam, sapi, udang, ikan, dan babi. Diramu bersama bumbu-bumbu serta tepung tapioka sebagai pengenyal. Selanjutnya dibulatkan dan direbus sampai  pentol bakso matang. Bakso dapat bertahan berminggu-minggu dalam keadaan beku.

            Dalam penyajian, bakso beku tinggal dimasukkan ke dalam kuah kaldu yang masih panas. Kemudian dicampur bersama pelengkap lainnya seperti mie, irisan sawi, dan bawang goreng. Bukan hanya itu, bakso juga bisa dijadikan pelengkap untuk mie goreng, nasi goreng, capcay, dan sebagainya. Pantas jika bakso sangat disukai dan dibutuhkan banyak orang.

            Siomay

            Siapa sangka siomay ternyata juga bisa dijual dalam bentuk beku. Pada usaha jual frozen di Pedurungan, siomay termasuk makanan beku yang laris manis. Siomay atau shaomai dalam bahasa Mandarin merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan tenggiri, kepiting, atau campuran udang dan ayam.  Aslinya, siomay dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu atau kita kenal dengan nama kulit pangsit. Namun, ada juga yang hanya membuatnya dalam bentuk pentol.

            Siomay termasuk dalam kelompok dimsum. Biasanya disantap dengan saus sambal atau bisa juga dengan kuah kacang. Teksturnya kenyal dan lembut. Dalam kondisi beku siomay lebih tahan lama. Itu sebabnya siomay frozen termasuk yang paling banyak dicari konsumen. Jadi, kapanpun keinginan makan siomay bangkit, mereka bisa menyiapkannya sendiri di rumah dengan mudah.

            Nugget

            Kalau frozen food yang satu ini pasti sudah jamak sekali orang yang mengetahuinya. Dulu nugget termasuk makanan/camilan mewah karena harganya yang lumayan mahal karena buatan pabrik besar dan hanya bisa diperoleh di supermarket. Namun kini sudah semakin banyak UKM yang memproduksi nugget sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. 

            Risol Dan Pastel

            Benarkah risol atau risoles bisa dibekukan? Tentu saja bisa. Dulu memang kita lebih sering melihat kedua jajanan rakyat ini  dijual dalam keadaan panas dan ready to eat. Namun kini, setelah berbagai ide bermunculan terhadap pengembangan produk makanan, risol pun dibuat dalam versi beku. Sehingga bisa dijadikan persediaan untuk di rumah atau bahkan buah tangan. Begitu hendak dihidangkan, tinggal digoreng sebentar.

            Donat 

            Dari kelompok perkuean, bukan hanya risoles dan pastel yang bisa dijadikan produk beku, tapi juga donat. Kue dengan ciri khas bolong di tengah ini selalu punya tempat di hati banyak orang karena rasanya yang lezat dan cukup mengenyangkan.

            Bedanya dengan risol atau pastel, donat beku dibuat dalam kondisi setengah matang terlebih dahulu sebelum dibekukan. Ini dimaksudkan agar ragi berhenti bekerja, sekaligus memberikan bentuk yang kokoh saat dikemas.

            Dengan adanya donat frozen sungguh memudahkan setiap orang dalam menyajikan donat sebagai camilan kapan saja. Donat beku tinggal didiamkan sebentar di suhu ruang, baru kemudian digoreng sesuai kebutuhan.

            Ulasan dalam artikel ini semoga dapat menambah wawasan pembaca dan menggugah semangat calon-calon pebisnis tangguh untuk mulai mencoba. Bagi yang tertarik usaha jual frozen food di Pedurungan hub 0822.1385.7334. Semoga sukses.

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *