Jual Frozen Food Di Semarang Tengah Hub Hp 0813.2666.3434

sosis ayam antasena

                 Jual Frozen Food Di Semarang Tengah Hub Hp 0813.2666.3434

 

Makanan beku yang telah jadi produk jual frozen food di Semarang Tengah  hub HP 0813.2666.3434  makin populer di Indonesia. Tidak hanya di super market maupun pusat perbelanjaan modern saja, bahan makanan ini juga sangat mudah dijumpai dan ditemukan di pasar-pasar tradisional bahkan hingga pelosok pedesaan.

Apa Itu Frozen Food?

Frozen food merupakan sebuah alternatif teknologi pengolahan bahan makanan, khususnya bahan makanan hewani. Tapi pada masa sekarang, tidak sedikit frozen food yang dibuat dari bahan nabati berupa sayur dan buah.

Meski belum begitu banyak diproduksi, namun hasil olahan ini memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi. Maka tidak mengherankan jika banyak sekali produsen frozen yang mulai tertarik mengolah sayur dan buah untuk dijadikan sebagai produk olahan frozen food.

Di luar itu semua, frozen food juga dapat diartikan sebagai suatu bahan makanan yang diolah atau diproses dengan cara dibekukan. Tujuannya adalah agar bahan makanan tersebut dapat lebih lama disimpan atau diawetkan.

Metode pembekuan bahan makanan ini pada umumnya dilakukan dengan cara memperlambat proses dekomposisi atau merubah kadar air yang terkandung dalam bahan makanan agar menjadi es. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk menghambat perkembangbiakan dan pertumbuhan bakteri yang sering membuat bahan makanan jadi mudah membusuk.

sosis ayam antasena

Proses pembuatan produk untuk jual frozen food di semarang tengah hub HP 0813.2666.3434 selalu menggunakan mesin khusus berupa lemari pembeku atau freezer ukuran besar. Lemari pembeku ini memiliki bentuk seperti ruang besar, sehingga dapat dipakai untuk menyimpan bahan makanan dalan kondisi beku hingga suhunya mencapai sekitar -18 derajat dalam jumlah yang lebih banyak.

Kemudian setelah diolah atau dibekukan, makanan tersebut dapat disimpan oleh konsumen dalam jangka waktu lebih lama bahkan lebih dari satu tahun, terutama frozen food dari bahan sayur dan buah. Sedangkan untuk frozen food dari makanan hewani seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan hasil laut lainnya, bisa bertahan hingga sekitar enam bulan.

Sejarah Penemuan Frozen Food

Menurut catatan sejarah yang ada, makanan beku yang saat ini lebih dikenal dengan nama frozen food mulai dikenal masyarakat sejak zaman dahulu, persisnya sekitar tahun 3000 sebelum masehi. Pada masa tersebut, banyak penduduk China yang sudah mulai memanfaatkan es sebagai sarana untuk mengawetkan bahan makanan terutama pada musim dingin. Sementara itu, pada waktu yang bersamaan, orang Romawi Kuno telah mencoba memakai salju dengan tujuan yang sama.

Beberapa puluh abad kemudian pada tahun 1930 seorang ahli dari Springfield yang memiliki nama Clarence Birdsye berhasil memperbarui cara pengawetan bahan makanan tersebut melalui metode yang lebih modern. Metode ini diterapkan pada pengawetan bahan makanan berupa sayur, buah, hasil laut dan hasil hewan ternak. Sedangkan di Indonesia sendiri, teknologi ini mulai dikenalkan ke masyarakat oleh pendatang dari China dan Jepang.

Secara garis besar, proses atau cara pembuatan produk jual frozen food di Semarang tengah  hub HP 0813.2666.3434 terdiri dari beberapa tahapan. Pertama diawali dengan persiapan bahan baku atau raw material. Setelah itu dilanjutkan dengan proses forming atau pencetakan, terutama bagi produk berupa nugget dan bakso.

Selanjutnya disambung lagi dengan coating atau pelapisan, lalu proses frying atau penggorengan. Sedangkan yang terakhir yaitu berupa pembekuan atau freezing dan disambung lagi dengan proses packaging atau pengemasan.

Salah satu jenis produk dari frozen food yang sangat terkenal di masyarakat dan mudah sekali dijumpai di pasaran adalah nugget, terutama sekali nugget yang dibuat dari daging ayam dan pada umumnya diberi nama chicken nugget. Selain itu ada pula nugget dari bahan daging sapi beku dan ikan. 

donat luber

Beberapa Contoh Produk Makanan Beku Atau Frozen Food

Meski terbuat dari bahan yang sama berupa sayur, buah, daging hewan ternak dan ikan atau hasil laut, akan tetapi produk jual frozen food di Semarang tengah hub HP 0813.2666.3434 itu terdiri dari berbagai macam bentuk. Beberapa contohnya yang mudah sekali ditemukan di pasaran antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Nugget

Nugget merupakan salah satu contoh produk frozen food yang dibuat dari bahan daging, terutama daging sapi dan daging ayam. Bahan makanan yang sudah dibekukan ini biasanya memiliki warna kuning emas dengan citarasa yang sangat lezat. Dibanding dengan nugget daging sapi, nugget dari daging ayam lebih populer di masyarakat dan banyak yang menggemarinya. 

Selain daging ayam sebagai bahan utama atau raw material, pembuatan nugget ayam harus diberi tambahan lain berupa tepung dan bumbu. Saat dibuat, daging ayam selalu dipisahkan lebih dahulu dari tulangnya kemudian langsung dihaluskan dengan cara digiling menggunakan mesin. Setelah itu hasil gilingan tersebut dicampur dengan tepung, bumbu, pengemulsi dan air.

Adonan ini selanjutnya dikasih pelapis yang terdiri dari dua macam yaitu pelapis basah dan kering. Selanjutnya proses pengolahan dilanjutkan dengan penggorengan sampai matang, lalu dibekukan dengan suhu rendah dan setelah membeku segera dimasukan dalam kemasan.

  1. Sosis

Produk jual frozen food di semarang tengah  hub HP 0813.2666.3434 lainnya yang tak kalah populer adalah sosis. Olehan ini merupakan bahan makanan yang dibuat dari lemak hewan ternak, daging yang telah dicincang atau dihaluskan dan ditambah dengan rempah beserta bumbu-bumbuan. Pada umumnya, sosis frozen food dibungkus dengan usus. Namun selain itu tidak jarang ada yang lebih suka memakai bahan sintetis dan diawetkan melalui metode pengasapan.

Pada masa sekarang, sosis frozen food lebih sering dikemas dalam plastik dan mempunyai bentuk seperti es lilin. Kelebihan dari bahan makanan ini adalah dapat langsung dimakan atau dikonsumsi tanpa harus dimasak atau digoreng lebih dulu. Selain itu banyak pula yang menjadikannya sebagai topping hidangan lain misalnya pizza.

  1. Bakso

Bakso merupakan bahan makanan yang sering dijadikan sebagai lauk pauk dan memiliki bentuk yang sangat khas berupa bulatan seperti bola kecil. Biasanya hasil olahan untuk jual frozen food di semarang tengah hub HP 0813.2666.3434  ini diolah dari daging sapi yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka. Akan tetapi, ada pula bakso beku yang dibuat dari ikan, daging ayam dan udang, bahkan tidak sedikit pula yang memilih daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Siomay Ayam

Ketika akan disantap, bakso lebih sering disajikan bersama kuah atau kaldu dalam kondisi masih panas. Campurannya berupa bihun atau mie, tauge, tahu dan telur kemudian dikasih taburan daun seledri dan bawang goreng. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan bakso dengan ciri khas atau keistimewaan yang berbeda-beda.

Sedangkan khusus untuk bakso beku atau bakso frozen food, sering dijual di pasar-pasar modern hingga pasar tradisional dalam bentuk kemasan dan tiap kemasan berisi sepuluh butir bakso. Jika tidak tertarik dengan bakso kuah, makanan ini juga dapat diolah dengan cara digoreng atau ditumis bahkan bisa pula dijadikan campuran nasi goreng dengan cara diiris kecil-kecil lebih dulu.

  1. Siomay

Siomay merupakan makanan yang aslinya berasal dari negeri China dan saat ini sudah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di kawasan Hongkong, siomay lebih sering disebut dengan istilah shaomai. Sedangkan di China daratan, populer dengan sebutan siu maai, tapi menurut dialek masyarakat Beijing, sebutannya menjadi shaomai dan di Indonesia dinamakan siomay.

Bahan makanan yang menjadi produk jual frozen food di semarang tengah hub HP 0813.2666.3434  ini dibungkus dengan kulit yang dibuat dari bahan tepung. Kemudian untuk isinya sendiri terdiri dari beberapa macam variasi seperti ikan tengiri, kepiting, udang, daging ayam atau campuran dari beberapa bahan sekaligus.

Selain dapat dimasak secara tersendiri, siomay juga sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan bakso. Jika dihidangkan secara tersendiri, biasanya disajikan bersama telur ayam rebus dan sayur khususnya kubis, kentang dan peria. Namun sebelum disajikan, siomay dan aneka makanan yang lain harus dimatangkan lebih dulu dengan cara dikukus dan dihidangkan dalam kondisi hangat.

  1. Risol

Risol juga sering diolah melalui teknologi frozen food dan bahan pembuatannya terdiri dari telur ayam, daging cincang, tepung terigu, wortel, kentang, daun seledri dan berbagai macam bumbuan. Tidak sedikit yang mengganti daging ayam atau daging cincang dengan daging unggas, sedangkan campurannya terdiri dari jamur kancing, buncis, daging udang, susu, mentega hingga kuning telur.

Makanan yang berasal dari Belanda ini mempunyai bentuk lonjong dan sering diolah dengan cara digoreng atau dioven. Di Indonesia sendiri, ada dua macam risol yang digemari oleh masyarakat yaitu risol sayur dan risol ragout. Bentuknya tidal lonjong melainkan persegi panjang atau segitiga.

  1. Donat Beku

Donat adalah makanan yang diolah dengan cara digoreng. Namun meski bisa digoreng langsung, sekarang sudah ada produk jual frozen food di semarang tengah  hub HP 0813.2666.3434 yang dapat disimpan lebih dulu.

Makanan ini dibuat dari bahan tepung terigu, telur, mentega dan gula. Bentuknya sangat unik mirip cincin bundar dan ada lubang pada bagian tengahnya. Bagian atasnya sering dikasih topping yang biasanya berupa topping cokelat, selai, krim, custard dan sebagainya.

donat luber

  1. Empek-Empek

Tidak hanya makanan dari luar negeri saja, ada produk frozen food berbentuk bahan makanan khas Indonesia misalnya empek-empek yang berasal dari Sumatera Selatan. Hidangan ini terbuat dari bahan ikan basah atau ikan tengiri dan diberi lapisan tepung tapioka, lalu dikombinasi dengan cuko pempek.

Tidak hanya pasar tradisional saja, jajanan yang memiliki cita rasa sangat lezat ini juga dapat dibeli di pusat perbelanjaan modern hingga super market, bahkan secara online karena sudah diawetkan dengan teknologi frozen food.

Sistem penyajiannya dilengkapi dengan saus warna hitam kecokelatan yang sering disebut dengan nama cuko atau cuka. Bahan untuk membuat cuko ini berupa air yang ditambahi dengan gula dan udang kecil atau ebi. Sedangkan bumbunya terdiri dari bawang putih, cabe rawit dan garam yang ditumbuk dan dicampur menjadi satu.

Selain yang disebutkan di atas, tentu masih banyak contoh lain dari produk jual frozen food di semarang tengah hub HP 0813.2666.3434 yang dapat ditemukan di pasaran. Selain mempunyai cita rasa yang sangat nikmat, makanan tersebut tetap memiliki kandungan gizi tinggi.

Banyak yang menyebutkan bahwa makanan frozen food tidak bagus untuk kesehatan karena nilai kandungan gizinya berkurang. Anggapan ini tidak ada benarnya sama sekali, karena teknologi ini hanya bertujuan untuk mengawetkan bahan makanan saja, tanpa menggunakan bahan kimia secara berlebihan.

Karena itu jangan sungkan untuk membeli dan mengkonsumsi aneka produk jual frozen food di semarang tengah hub HP 0813.2666.3434 bersama keluarga tercinta. Jika ada yang belum jelas atau ingin menanyakan sesuatu dan mengemukakan pendapat, silakan didiskusikan bersama di kolom komentar.

Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *